Selasa, 23 Maret 2010

MESIN INDUSTRI ROKOK PRIMARY PART 3 : DCCC – DIRECT CONDITIONING AND CASING CYLINDER

Di dalam DCCC terjadi 2 proses sekaligus conditioning dan casing.


Conditioning bertujuan mengatur kandungan air dan temperatur tembakau agar proses casing berlangsung optimal. Pengaturan parameter kandungan air diperlukan karena jika tembakau terlalu kering maka tembakau mudah hancur ketika diproses, jika terlalu basah tembakau bisa rusak karena jamur, sedangkan pengaturan temperatur tembakau diperlukan karena proses casing membutuhkan suhu tertentu agar proses casing optimal.

Casing adalah Larutan dengan pelarut berbasis air, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tembakau mempertahan kandungan airnya dan membuat rasa tembakau lebih nikmat untuk dirokok karena casing juga memberikan aroma tertentu tergantung peraciknya. Penambah aroma yang umum digunakan biasanya adalah Coklat, licorise, jahe, kayu manis, vanilla, molase (macem larutan gula), rum, brandy, wine, dan berbagai minyak ekstrak nabati.


Mesin ini biasanya satu paket dengan Automatic Casing Atomizer System yang berfungsi menyemprotkan casing pada tembakau dengan dosis tertentu. 

* pengaruh kandungan air (moisture content) dalam tembakau terhadap produk rokok akan dibahas lebih dalam  di artikel lain.
* pengaruh temperatur terhadap hasil proses Casing akan dibahas lebih dalam  di artikel lain.


 Gambar : DCCC – DIRECT CONDITIONING AND CASING CYLINDER
(SILAHKAN DI KLIK UNTUK MEMPERBESAR GAMBAR)
Beberapa produsen Tobacco machinery yang membuat DCCC - direct conditioing and casing cylinder dan sistem otomasinya :



Foreign Tobacco machinery List:
(daftar produsen asing  mesin pengolahan tembakau )
International Tobacco Machinery ITM .
Hauni Maschinenbau AG
Garbuio Dickinson.
Molins Tobacco Machinery.
Hampshire Tobacco Machinery Services.

Indonesia Tobacco machinery List:
(daftar produsen lokal mesin pengolahan tembakau )
???



NEED HELP
Selain produsen dari luar negeri penulis juga mendengar ada produsen Tobacco Machinery Lokal yang memiliki kualitas setara dengan produk luar. Bagi yang memiliki informasi tentang perusahaan Tobacco Machinery Lokal bagi dong !
penulis ingin mengulas juga hasil karya anak bangsa yang memiliki kualitas internasional.
email : rokodong@gmail.com

4 komentar:

  1. Mantap broo....

    Berita tembakau dan processing kunjungi : rishadicorp.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya mas brooo...

    BalasHapus
  3. Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik di masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com. Atau bicara dengan Mr Benjamin On WhatsApp Via_ + 1-989-394-3740 Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya bersyukur.

    BalasHapus